Resep Ayam Geprek Istimewa Dan Lezat - Seratospersen

Breaking

Resep Ayam Geprek Istimewa Dan Lezat


SERATOSPERSEN - Selamat siang sahabat planetember. Gimana nih kabar kalian hari ini ? Semoga selalu baik ya sob. Anda pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar nama makanan yang satu ini yaitu ayam geprek. Ayam geprek sendiri merupakan salah satu variasi masakan ayam goreng tepung dimemarkan lalu disajikan dengan sambal bawang yang pedas, gurih dan bikin ketagihan. Karena itulah banyak anak-anak dan anak mudah bahkan orang tua yang suka dengan makanan ini karena rasanya yang menggoda lidah. Nah, perlu Anda tau jika ayam geprek ini tidak jauh berbeda dengan ayam sambal korek, ayam gepuk atau ayam penyet. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tips bagaimna sih cara membuat ayam geprek yang sederhana namun hasil tidak mengecewakan tetapi memiliki rasa seperti ayam geprek yang ada di restauran. Meskipun resep ayam geprek ini sama-sama dari daging ayam tetapi makanan yang satu ini berbeda dengan resep ayam goreng, resep ayam bakar, resep ayam kremes dan resep ayam gepok lainnya loh karena menggunakan bumbu khusus dan lebih spesial dari resep ayam goreng lainnya. Bagi Anda pencinta kuliner tidak pas jika belum mencoba makanan yang satu ini apalagi bagi Anda yang suka sekali pedas makanan ini sangat cocok karena rasa pedas dari sambal akan membuat Anda ketagihan. 

Meskipun begitu, ayam geprek ini cukup praktis dan tidak butuh bahan dan bumbu banyak dan cara membuatnya pun mudah dan cepat daging ayam tidak perlu di rebus terlebih dahulu. Anda hanya perlu mencapurkan ayam dengan bumbu resep ayam geprek ini hingga merata dan diamkan beberapa meinit agar bumbu meresap sampai ke dalam daging. Meskipun resep ayam geprek ini tidak direbus bersama dengan bumbu ayam geprek ini tetap terasa enak, nikmat dan gurih. ada yang perlu Anda ingat sob! karena daging ayam untuk membuat ayam geprek ini tidak direbus sebaiknya di taruh di dalam kulkas atau lemari pendingin agar bumbu meresap dengan sempurna ke dalam daging. So, tidak rugi jika Anda mencoba masakan yang satu ini.

Cara Membuat Ayam Geprek
Untuk membuat ayam geprek ini daging ayam bisa saja diungkep jika Anda mau, tapi rasanya pasti berbeda dengan daging ayam yang tidak di ungkep atau di rebus karena daging ayam yang diungkep atau direbus hasilnya lebih kesat dan kurang krispy, pada saat daging ayam tersebut dibaluti dengan tepung bumbu daging ayam yang di ungkep lebih kesat yang membuat juicy ayam itu tidak keluar. Bagi anda yang khawatir saat menggoreng ayam geprek ini tidak metang dengan merata hingga ke dalamnya, disini sudah lengkap bagaimana membuat, menggoreng ayam geprek dengan benardan hasilnya tidak mengecewakan karena resep kali ini berbeda dengan resep masakan ayam yang lainnya. Ayam geprek ini sangat cocok untuk dimakan saat acara keluarga, makan bersama teman atau pacar karena suasananya lebih asik dan  Karena sambalnya yang menggoda lidah Anda akan merasa ketagihan dan selalu ingin memakannya lagi sob.

Tips Membuat Ayam Geprek Sederhana Gurih
Hal pertama yang paling penting dalam membuat ayam geprek yaitu daging ayam harus fresh atau baru dipotong ya, karena daging yang masih fresh akan membuat ayam gepreknya menjadi lebih empuk dan gurih karena bumbunya meresap dengan merata.
Biasanya daging ayam yang digunakan adalah jenis ayam kampung untuk jenis resep masakan yang berbahan dasar ayam. Jika membuat ayam geprek lebih baik menggunakan ayam potong karena dagingnya lebih banyak dibanding ayam kampung.
Saat menggoreng ayam nya, sebaiknya menggunakan minyak yang banyak agar ayam dan tepungnya masak dengan merata sampai ke dalam.
Daging ayam tidak perlu di ungkep agar tekstur di dalamnya lebih juicy dan lembut. Untuk membuat sambal ayam geprek tidak perlu menggunakan tomat agar tekstur ayamnya tidak terlalu basah nantinya.

Yang membuat ayam geprek lebih spesial itu adalah sambalnya. Sambal ayam geprek ini bisanya hanya menggunakan bawang putih, cabai merah, garam dan tidak menggunakan tomat. Bedanya ayam penyet, ayam goreng tepung dengan ayam geprek ini yaitu jika ayam penyet identik dengan sambal terasi sedangkan ayam goreng tepung identik menggunakan saus sambal instan yang sudah siap jadi. Apabila mengadakan suatu acara dan mengundang beberapa atau banyak orang resep ayam geprek ini sangat pas untuk di buat karena kebanyakan tidak akan ada yang menolak karena dengan melihat gambar atau mencuim baunya saja banyak orang yang tergiur ingin memakannya. Jika anda mau ayam geprek ini bisa ditambahkan dengan keju mozerella yang kemudian di panggang sampai meleleh. Pastinya akan terasa lebih nikmat

Bahan Untuk Membuat Ayam Geprek
  • Potong ayam yang masih segar dengan ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 kg.
  • Lada bubuk secukupnya jika Anda suka rasa pedas dari lada kurang lebih 1 sendok kecil.
  • Garam halus beryodium sesuai selera kurang lebih 1/2 sendok kecil saja.
  • Bubuk cabai sesuai selera Anda.
  • Bawang putih halus atau bubuk kurang lebih 1 sendok kecil.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Tepung untuk mencelup daging ayam nantinya dan tepung untuk lapisan luarnya

Cara Membuat Ayam Geprek
  • Pertama cuci daging ayam yang sudah disiapkan.
  • Letakkan daging ayam ke dalam wadah yang agak besar seperti stainless atau panci besar, lalu lumuri dengan lada bubuk, garam halus, bawang putih dan bubuk cabai hingga merata.
  • Setelah ayam dan bumbu teracampur merata, taruh di dalam lemari pendingin diamkan beberapa menit. Minimal 1 jam 60 menit daging berada di lemari pendingin agar daging ayam tidak hambar nantinya.
  • Siapkan bahan adonan pencelup dan lapisan tepungnya
  • Setelah dimarinisasi, langsung celupkan daging ayam ke adonan lapisan cair sampai terendam sempurna setelah itu gulingkan ke dalam tepung pelapis yang kering sambil sedikit di remas lalu gulingkan lagi sampai rata. Cukup dengan satu lapisan saja agar ayam geprek nya renyah dan tidak terlalu tebal.
  • Siapkan wajan penggoreng yang sudah diberi minyak banyak
  • Ketukkan kedua ayam yang sudah diberi tepung untuk membuang tepung yang berlebih yaitu kedua tangan sama-sama memegang daging ayam lalu ketukkan antara keduanya.
  • Masukkan daging ayam kedalam wajan yang panas dan masak hingga berubah warna kecoklatan.
  • Angkat dan tiriskan

Bahan Sambal Ayam Geprek
  • Cabai rawit pedas sesuai selera kurang lebih 20 - 25 pcs.
  • Bawang putih kurang lebih 6 pcs.
  • Garam dapur beryodium sesuai selera.
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera.
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya.
  • Minyak goreng sedikit saja.

Cara Membuat Sambal Ayam Geprek
  • Cuci capai, siapkan ulegan dan haluskan cabai dengan bawang putih sampai halus.
  • Tambahkan garam, gula pasir, dan kaldu ayam.
  • Beri sedikit minyak di atasnya.
  • Ambil ayam geprek kemudian geprek atau memarkan di atas sambal bawangnya.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Pages