Sumber Zat Besi Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan - Seratospersen

Breaking

Sumber Zat Besi Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan


SERATOSPERSEN - Mencegah anemia salah satunya adalah dengan kita rajin dalam hal mengkonsumsi makanan sumber zat besi yang bermanfaat bagi kesehatan kita tentunya. Karena memang banyak kegunaan serta fungsi dan manfaat zat besi itu sendiri bagi tubuh kita. Dampak akibat kekurngan zat besi bisa kita kenali dengan tanda gejala anemia seperti halnya letih, lesu, lelah, lunglai dan loyo yang merupakan bagian dari tanda-tanda umum seseorang terkena kurang darah (anemia).

Manfaat zat besi adalah serta fungsi kegunaannya dalam tubuh kita adalah berperan penting dalam hal pengangkutan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi bergabung dengan oksigen di dalam paru-paru dan melepaskan oksigen dalam darah yang memerlukan. 

Zat besi digunakan dalam pembuatan hemoglobin dan berperanan penting dalam fungsi normal daya tahan tubuh. Untuk itulah mengapa pada manusia yang kekurangan akan zat satu ini akan bisa terkena anemia.

Untuk membantu mengangkut oksigen dan nutrisi dalam darah, maka zat besi harus bergabung dengan protein membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah dan myoglobin di dalam serabut otot. Bila bergabung dengan protein di dalam sel zat besi membentuk enzim yang berperan di dalam pembentukan energi di dalam sel. Sehingga dalam hal ini zat besi tidak bisa bekerja sendiri dan harus mendapat bantuan zat penting lainnya untuk bisa memberikan manfaat yang optimal untuk kesehatan.

Pada masa-masa remaja, kekurangan zat besi merupakan permasalahan gizi yang sering kita jumpai. Proses pertumbuhan yang cepat, gaya hidup remaja, serta kekeliruan dalam memilih makanan dapat mengakibatkan remaja mengalami anemia karena kekurangan zat besi, terutama pada remaja putri yang telah mengalami masa menstruasi (datang bulan). 

Kekurangan zat besi dapat diatasi atau dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Beberapa diantaranya adalah daging merah, buah kering, roti, sereal, dan sayuran berdaun hijau.

Ada beberapa makanan sebagai sumber zat besi yaitu beberap diantaranya :

Sayuran dan Daging Merah.
Sumber zat besi ini bisa kita dapatkan dari sumber hewani maupun sumber nabati. Untuk sumber yang berasal dari hewani diantaranya yaitu hati, daging, unggas, atau ikan dan sebagai sumber nabatinya dapat kita peroleh dari sayuran hijau. 

Daging merah kaya akan zat besi heme, yang bisa dengan mudah diserap oleh tubuh kita. Tapi perlu diingat bahwa mengkonsumsi daging merah secara berlebihan justru akan bisa menjadi salah satu pemicu dan pencetus dari perkembangan penyakit jantung. Oleh karena itu, diet yang sehat, tepat yang seimbang adalah merupakan kuncinya.

Sayur-sayuran hijau seperti halnya bayam, kubis, lobak, kentang, kacang polong, dan kembang kol adalah makanan yang banyak mengandung zat besi sekaligus obat yang alami untuk meningkatkan jumlah darah. Makanan tersebut mempunyai kemampuan untuk regenerasi zat besi serta mengaktifkan sel-sel darah merah dan memasok oksigen segar ke darah.

Buah-buahan dan Kacang-kacangan.
Buah sumber zat besi dan juga yang kaya akan zat besi ini mudah kita dapatkan juga. Contoh buah yang kaya zat besi adalah apel, semangka, anggur dan juga buah jeruk. Kandungan yang ada dalam buah-buahan tersebut di atas bermanfaat dalam membantu membantu sel-sel darah merah mengalir tapi juga mampu meningkatkan jumlah darah yang tentunya akan berperan dalam hal mencegah anemia.

Jenis kacang-kacangan juga banyak mengandung akan at yang satu ini. Bahkan hampir semua kacang mempunyai kandungan zat besi di dalamnya, walaupun ada juga beberapa jenis kacang tertentu yang tidak memilikinya kandungan zat ini. Dari semua jenis kacang, kacang almond adalah jenis kacang yang mempunyai kandungan zat besi paling tinggi. Buah dan kacang adalah contoh ideal makanan yang mengandung zat besi.

Contoh penyakit dan gangguan kesehatan akibat kekurangan zat besi ini adalah anemia. Anemia adalah kurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam darah. Gejala umum kurang darah ini antara lain lemas, cepat lelah, kurang tenaga, mata berkunang – kunang, pusing, serta telinga berdenging. 

Penyebab anemia bisa bermacam-macam, salah satunya disebabkan kekurangan zat besi. Anemia karena defisiensi zat besi disebabkan karena kekurangan makanan yang mengandung cukup akan zat besi.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Pages