Tips Dan Cara Mengatasi Stres Di Kantor - Seratospersen

Breaking

Tips Dan Cara Mengatasi Stres Di Kantor


SERATOSPERSEN - Penyebab stress karena pekerjaan di tempat kerja atau di kantor dan tanda ciri gejala stress tentunya tidak sedikit dialami oleh para pegawai karyawan dalam menjalankan pekerjaan sehari-harinya di tempat kerjanya masing-masing.

Pekerjaan di kantor yang memang tidak ada habisnya ditambah dengan tekanan beban pekerjaan atau dikejar target deadline adalah merupakan salah satu dari penyebab stres karena pekerjaan di kantor.

Stress adalah merupakan bukan yang termasuk di dalam jenis penyakit, namun jika tidak cepat mencari cara mengatasi stress akibat kerja tersebut akan dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan. 

Jika stress yang kita alami adalah bersumber dari pekerjaan atau tempat kerja. Stress yang sumbernya adalah karena pekerjaan atau tempat kerja bisa dihindari dan diatasi. Ini penting agar produktivitas kita sebagai pegawai atau pun karyawan untuk perusahaan atau instansi tempat kita bekerja tidak dirugikan.

Tanda gejala stres karena pekerjaan dapat diketahui dan dikenali oleh kita diantaranya adalah antara lain kurang konsentrasi, timbul ketegangan dan kecemasan dalam bekerja, perubahan suasana hati, cepat emosi oleh karena hal-hal yang kecil di dalam kantor dan sebagainya.

Terkadang pemicu stress di kantor tidak hanya datang dari atasan kita, rekan kerja kita, atau pun bahkan oleh karena lingkungan kantor. 

Masalah bisa juga datang dari diri Anda sendiri, ditambah rasa bosan terhadap kegiatan yang dilakukan secara berulang setiap hari. 

Salah satu kebiasaan seperti menunda pekerjaan, bukan hanya berakibat pekerjaan jadi menumpuk atau jadwal kerja menjadi padat. Sehingga seseorang merasa stres dan lelah di kantor. 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stress akibat kerja, antara lain adalah sebagai berikut :

Memahami Tugas, Kewajiban, Dan Fungsi Kita Di Kantor
Ketika kita diangkat menjadi karyawan sebuah perusahaan atau instansi karena mereka membutuhkan kita. Mereka menggaji kita untuk itu, bukan karena hal yang lain. Oleh karena itu, kita sebagai karyawan pegawai harus memahami sepenuhnya apa sebenarnya tugas, kewajiban, dan fungsi kita bagi perusahaan tempat kita bekerja. 

Bekerja lebih dari tugas, kewajiban dan tanggung jawab kita adalah hal yang bagus untuk perusahaan atau tempat bekerja, akan tetapi sesuaikanlah dengan kemampuan diri kita masing-masing. Jangan mengorbankan diri secara berlebihan.

Makan Sehat
Makan makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan akan menghindarkan diri kita dari stres. Sayur-sayuran terutama sayuran hijau mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan produksi neurotransmitter, yang mana hal tersebut akan mampu membantu mencegah bahkan meredakan stres, dan meningkatkan mood kita dalam bekerja. 

Selain itu, makan pada waktu yang tepat juga dapat membantu kita dalam meredakan stres atau bahkan depresi karena kerja.

Mendengarkan Musik
Disela-sela pekerjaan, dengarkanlah musik favorit kita dengan menggunakan earphone agar tidak mengganggu teman kerja lainnya di dalam kantor atau pun tempat kita bekerja. 

Hal ini akan membantu kita untuk menjadi lebih rileks dan santai dalam menjalai pekerjaan dan tentunya mengurangi tingkat stres. Selain itu, musik juga dapat membuat mood kita menjadi lebih baik.

Bekerja Sama Dan Toleransi Dengan Rekan Kerja
Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa kita masing-masing sebagai orang dan individu adalah merupakan pribadi yang unik.

Contoh mudahnya adalah bila beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaannya. Pahami dulu bagaimana cara kita bekerja, apakah harus dibawah tekanan atau pun dalam keadaan relax kita bisa bekerja dengan baik.

Cukup Istirahat Tidur Dan Teratur
Tidur adalah waktu ketika seseorang mengisi ulang otak dan tubuh. Karenanya, kualitas dan jumlah tidur yang didapatkan akan mempengaruhi suasana hati, tingkat energi, konsentrasi dan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Untuk itu penting juga kita memperhatikan akan kualitas kuantitas tidur yang baik untuk kesehatan. Karena dengan istirahat yang cukup akan sangat mendukung kita bekerja dengan baik dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kita sehari-hari.

Berpikir Positif
Jika Anda diberikan banyak pekerjaan oleh atasan, berpikirlah bahwa atasan Anda mempercayai dan menganggap Anda memiliki kemampuan yang lebih. Dan jika Anda mendapat kritikan dari atasan ataupun rekan kerja, anggap saja mereka peduli dengan Anda dan berharap Anda dapat menjadi orang yang lebih baik lagi. 

Dengan selalu berpikir positif dalam menanggapi segala sesuatu, pikiran Anda akan jauh lebih tenang dan terjauh dari rasa stres.

Melakukan Aktifitas Yang Ringan
Cara mengatasi stres kerjaan salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas ringan seperti berjalan santai untuk sekedar mencari udara segar. Terlalu lama bekerja dalam ruangan dapat menimbulkan kebosanan yang dapat memicu stress.

Karena mendapatkan udara yang lebih segar dibandingkan ketika berada dalam ruangan akan membuat tubuh semakin rileks dan merupakan salah satu cara mengatasi tekanan kerja yang efektif. Sehingga ketika kembali ke tempat kerja, tubuh akan fresh untuk kembali melanjutkan pekerjaan.

Menjadi Diri Kita Sendiri
Stress di tempat kerja juga dapat diakibatkan oleh rasa keterpaksaan. Sebagai karyawan mungkin sulit untuk menolak pekerjaan yang diberikan oleh atasan. Tetapi jika memungkinkan untuk menolak jika pekerjaan tidak sesuai dengan diri kita, maka lebih baik menolaknya.

Menjadi diri sendiri merupakan salah satu cara menangani tekanan kerja yang dapat dilakukan. Karena melakukan sesuatu dalam keterpaksaan atau tidak sesuai dengan apa yang kita bisa lakukan dapat pula menimbulkan stress.
Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Pages