Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Bayi - Seratospersen

Breaking

Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Bayi


SERATOSPERSEN - Tips cara menjaga kesehatan bayi dan juga cara merawat bayi baru lahir perlu untuk diketahui oleh para ibu dan juga orang tua. Karena ini penting untuk tetap terjaga kesehatan bayi sehingga proses tumbuh kembang anak berjalan dengan baik kedepannya.

Manfaat pentingnya dan tujuan menjaga kesehatan bayi adalah oleh karena bayi masih belum mempunyai imunitas kekebalan yang cukup dalam rangka melindungi tubuhnya terhadap berbagai macam jenis penyakit bayi dan anak sehingga rentan terkena atau tertular penyakit.

Dengan memberikan perawatan serta menjaga kebersihan bayi baru lahir dan juga anak-anak dengan baik maka hal ini adalah bagian dalam rangka tips kiat menjaga kesehatan dan pertumbuhan perkembangan anak dengan baik pula sehingga terhindar dari penyakit anak.

Tips Cara Merawat Bayi Baru Lahir
Merawat bayi baru lahir adalah merupakan hal yang gampang-gampang susah. Terlebih bagi para ibu baru yang baru dan belum mempunyai pengalaman menjaga kesehatan bayi baru lahir serta berbagai macam cara perawatan bayi baru lahir.

Merawat bayi bukanlah pekerjaan yang mudah. Bayi baru lahir harus mendapatkan perlakukan yang ekstra dari ibu dan para orang agar ia bisa tumbuh sehat dan cerdas. 

Berikut ini beberapa tips cara merawat bayi yang baru lahir agar sehat seperti yang dilansir dari Doktersehat antara lain :

Berikan ASI untuk makanan utama bayi baru lahir
ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi baru lahir, karena mengandung colostrum dan zat-zat penting lainnya yang bagus untuk imunitas dan tumbuh kembang bayi. Ini yang dinamakan dengan pemberian ASI Eksklusif pada bayi sampai dengan umur 6 bulan saja tanpa ada makanan tambahan lain hanya ASI (Air Susu Ibu) saja.

Kenali juga berbagai macam manfaat keuntungan pemberian ASI Ekslusif bagi bayi pada informasi berikut ini : ASI Eksklusif Dan Kandungan Kolostrum dan manfaatnya untuk kecerdasan otak anak.

Menjaga kebersihan badan, pakaian, dan tempat tidur bayi

Menjaga kebersihan badan bisa dilakukan dengan cara memandikan atau menyeka bayi dua kali sehari. Gunakan produk-produk khusus bayi yang aman, dari mulai sabun mandi, shampo, bedak, dan tissue basah. 

Untuk pakaian, pastikan dicuci terlebih dahulu sebelum dipakai. Cuci pakaian bayi dengan detergen khusus bayi (cair) karena tidak menyisakan residu di pakaian yang menjadi penyebab iritasi kulit dan hindari penggunaan softener. Pastikan kamar tidurnya bersih dan sirkulasi udaranya berfungsi sempurna.

Merawat tali pusat bayi baru lahir
Tali pusat bayi akan terlepas dengan sendirinya dalam waktu 4 hari, namun pada kondisi tertentu lepasnya tali pusat bisa lebih lama, yakni 1 bulan. Merawat tali pusat merupakan hal yang sangat sulit untuk ibu baru. Intinya, tali pusat harus dijaga kebersihannya agar bayi terhindar dari resiko infeksi. 

Berikut ini cara merawat tali pusat bayi :
  • Pastikan tali pusat dan daerah sekitarnya selalu kering dan higienis, agar terhindar dari infeksi dan jamur.
  • Hindarkan tali pusat dari kotoran bayi maupun air kencingnya.

Berikan perhatian khusus untuk tali pusat dengan cara mensterilkan tali pusat dengan kasa yang dibasahi alkohol 70% dari pangkal ke bagian ujungnya, kemudian bungkus dengan kasa yang dibasahi alkohol dengan rapi. Lakukan ini hingga tali pusat sudah kering dan lepas dengan sendirinya.

Dan ini adalah bagian dari Perawatan Pada Bayi Baru Lahir yang penting untuk diketahui dan dipahami oleh para ibu.

Jaga kehangatan tubuh bayi
Bayi harus dalam kondisi hangat, karena ia masih berada dalam masa penyesuaian setelah beberapa bulan berada dalam kandungan ibu yang hangat. Untuk menjaga kehangatan tubuhnya, Anda bisa memakaikan bedong bayi, sarung tangan dan kaki, serta topi. 

Ada pendapat untuk menghangatkan bayi, maka bisa dipakaikan gurita? Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena menggunakan gurita justru menyiksa bayi dan membuatnya susah bernafas. Namun jika ibu berniat menggunakan pada bayi, usahakan untuk tidak mengikatnya terlalu kencang.

Perhatikan pakaian dan popok bayi
Segera ganti pakaian apabila kotor atau lembab, begitupun dengan popoknya. Segera bersihkan daerah bokong dan kemaluan bayi setelah BAB atau BAK.

Kenali Penyakit Bayi Baru Lahir
Kolik, ruam popok, hidung mampet, infeksi mata, lidah berjamur dan demam pasca imunisasi adalah beberapa penyakit langganan bayi baru. 

Saat mengalaminya, bayi akan rewel dengan tangis yang tidak biasa. Cepat cari tahu dan atasi. Jika Si Kecil ruam popok, buka popoknya bersihkan, dan biarkan dia tanpa popok – diangin-angin – sementara waktu.

Hidung mampet, infeksi mata, demam pasca imunisasi dan lidah berjamur dapat diantisipasi dengan resep obat dari dokter. Sedangkan kolik yang umumnya tidak dapat disembuhkan, bisa diatasi dengan membuat bayi nyaman contohnya dengan cara diayun-ayun, disusui, atau diusap-usap perutnya. Kenali pula akan Manfaat Tujuan Pemberian Imunisasi Dan Jadwal Imunisasi.

Menjaga Kesehatan Bayi
Bayi yang sehat adalah dambaan bagi setiap orang tua. Apalagi jika sang buah hati adalah anak pertama bagi mereka. Semua orang tua akan sangat senang jika memilik bayi yang lucu dan sehat. 

Tentunya semua orang tua tidak akan mau melihat buah hati mereka jatuh sakit. Oleh karena itu, orang tua akan memberikan yang terbaik untuk sang bayi, karena menjaga kesehatan mereka sangatlah penting.

Dalam beberapa hal alasan penyebab yang membuat kesehatan sang bayi terganggu adalah kurang terjaga kebersihan disekitar bayi. Terlebih sistem kekebalan tubuh bayi masih lemah dan ini membuatnya sangat rentan terhadap infeksi. 

Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, para ibu wajib memperhatikan tips menjaga kebersihan yang berujung pada perlindungan terhadap kesehatan bayi

Berikut ini beberapa cara kiat tips merawat bayi agar sehat seperti informasi yang dilansir dari Merdeka.com antara lain adalah sebagai berikut :

Mencuci tangan
Setiap kali kamu kita akan menyentuh bayi terutama bayi baru lahir maka usahakan untuk membersihkan tangan. Meski tak terlihat, tangan membawa berbagai macam bakteri dan bahkan virus yang bisa menyerang bayi saat menyentuhnya. Hal yang sama juga berlaku setelah ibu dan orang tua keluarga menyentuh bayi, seperti memberi makan atau bahkan mengganti popoknya.

Mensterilkan botol susu
Jika sang bayi mendapatkan susu dalam botol, sangat penting untuk mengetahui cara mensterilkan botol susu dengan benar. Merebus botol dalam air adalah cara yang tepat untuk mensterilkan botol susu. Cara ini dapat membunuh sebagian besar kuman yang berbahaya bagi sang bayi. 

Cara ini baik untuk botol yang terbuat dari kaca. Bagi botol plastik, cara ini tidak dianjurkan kecuali bahan yang digunakan aman untuk air mendidih.

Membersihkan mulut bayi
Memang benar bayi tidak memiliki gigi, tetapi ini bukan berarti orang tua mengabaikan kebersihan mulutnya. Karena mulut sang bayi masih sangat halus dan sensitif.

Bersihkan mulutnya dengan menggunakan kain lembut. Cara ini membantu membersihkan sisa makanan yang tersisa dalam mulutnya. Ini cukup efektif untuk mencegah infeksi jamur pada lidah sang bayi.

Mengganti popok bayi
Ini adalah hal yang jarang diperhatikan oleh sang ibu. Rajin memperhatikan popok bayi akan membantu dia terlindungi dari infeksi. 

Jangan biarkan popok bayi semalaman, karena hal ini membuat bayi rentan terkena infeksi saluran kemih dan ruam. Gantilah popok sesering mungkin, terutama setelah mereka buang kotoran, dan jangan biarkan sampai popok terlalu penuh karena air pipis.

Memandikan bayi
Untuk hal ini para orang tua para ibu bisa melakukannya dengan membersihkan tubuh bayi dengan kain lembut atau langsung memandikannya. Jangan biarkan keringat menempel terlalu lama pada tubuh bayi. 

Ini bisa menyebabkan infeksi jamur pada tubuh bayi. Gunakan air hangat dan sabun ringan untuk membersihkan tubuh si mungil.

Kebersihan payudara ibu
Ini seringkali diabaikan oleh ibu. Ingat, tubuh ibu berkeringat dan juga meletakkan beberapa bahan kimia pada tubuh seperti parfum dan deodoran. membersihkan puting susu sebelum menyusui adalah cara yang tepat untuk melindungi bayi dari penyakit. Bersihkan dengan menggunakan kain basah yang hangat.

Ini adalah beberapa tips paling mendasar untuk menjaga kebersihan dan tentu saja kesehatan sang bayi. Meskipun sederhana, orang tua tidak boleh mengabaikan hal ini, demi terlindunginya sang bayi dari serangan berbagai penyakit yang terus mengintai.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Pages