Wisata Lebaran Di Jogja Yang Harus Dikunjungi - Seratospersen

Breaking

Wisata Lebaran Di Jogja Yang Harus Dikunjungi


SERATOSPERSEN - Wisata Lebaran Di Jogja Yang Harus Dikunjungi, Jogja sudah terkenal sejak dahulu kala. Kota budaya sekaligus pelajar ini berhasil menjadi kota wisata, akibat banyaknya pariwisata yang sudah dijujuki oleh wisatawan, baik domestik maupun internasional. Setelah terkenal dengan Candi Borobudur sebagai salah satu keajaiban dunia, Jogja terus melebarkan sayapnya dalam bidang pariwisata.

Saat ini sudah banyak spot foto unik dan menarik di Jogja, yang pas untuk dijadikan tempat berburu foto. Jika kamu ingin mengunjungi Jogja untuk mendapatkan foto-foto kekinian, mungkin beberapa referensi tempat ini bisa membantu.

Jika kamu mencari sebuah pemandangan seperti di Bali, kamu bisa menuju Puncak Kosakora. Pemandangan di sana mirip dengan pemandangan di Pulau Dewata, di mana kamu bisa melihat lautan lepas dari atas sebuah bukit.

1. Tamansari Water Castle
Tamansari Water Castle merupakan bagian dari Keraton Jogjakarta. Lokasinya juga tidak jauh dari Malioboro. Untuk sampai ke sana, biasanya wisatawan naik becak atau bahkan jalan kaki.

Tamansari Water Castle adalah sebuah kawasan kolam yang dulu dijadikan para Raja untuk menghabiskan waktu bersama istrinya. Di sana ada sebuah Spot Foto Di Jogja yang sangat terkenal untuk berburu foto keren. Tempat itu adalah bekas masjid bawah tanah.

Banyak wisatawan yang rela jauh-jauh ke tempat itu hanya untuk mengambil gambar yang bagus. Namun untuk mendapatkan gambar yang bagus tidak lah mudah, kaerna spot itu sangat ramai. Wisatawan harus bergantian dengan wisatawan lain.

2. Malioboro
Siapa yang tidak kenal Malioboro? Sepanjang jalan Malioboro adalah spot foto populer yang sudah pasti akan menjadi jujukan wisata pertama oleh para wisatawan. Selain dekat dengan Stasiun, Malioboro memang menjadi ikon wisata Jogja yang wajib untuk disambangi.

Jalan Malioboro kini sudah diperbaiki dan sudah menjadi kawasan yang sangat rapi jika dibandingkan dengan dulu. Wisatawan biasanya suka mengambil foto di bawah papan nama jalan dan juga di bangku-bangku pinggir jalan yang sekarang memang sudah terlihat lebih keren.

Banyak juga penginapan yang tersebar di sepanjang jalan ini. Kamu tidak pelu bingung mencari penginapan karena semua tukang becak di sana pasti bisa membantu mencarikan penginapan. Harga penginapan di sekitar Malioboro juga tidak mahal. Cocok untuk kamu yang suka backpacker.

3. Tebing Breksi
Merupakan sebuah kawasan wisata baru yang tidak jauh dari pusat kota, Tebing Breksi adalah sebuah bukit kapur bekas pertambangan kapur. Tempat ini akan mengingatkan kamu pada Bukit Jaddih di Madura atau Garuda Wisnu Kencana di Bali.

Tebing Breksi ini sangat indah karena banyak bentukan-bentukan yang diukir langsung dari gunung kapur. Untuk berburu foto di Tebing Breksi, waktu yang disarankan adalah sore menjelang petang, karena saat matahari terbenam, pemandangan yang indah bisa kamu dapatkan.

Untuk sampai di sana, kamu bisa naik kendaraan pribadi. Namun jika tidak memiliki kendaraan pribadi saat di Jogja, kamu bisa datang ke Terminal Prambanan. Di sana akan ada banyak tukang ojek yang mau mengantarkanmu ke sana. Satu tukang ojek mematok tarif sekitar Rp 70.000 saja pulang pergi.

4. Runway Pantai Depok
Seperti namanya, Runway Pantai Depok memang adalah sebuah landasan pacu pesawat terbang. Kalau kamu ingin ke sana, perjalanan akan menghabiskan waktu sekitar 90 menit perjalanan dari pusat kota Jogja.

Di sana kamu akan melihat sebuah jalan lurus sepanjang 400 meter yang merupakan sebuah landasan pacu. Spot ini saat ini juga sering dijadikan tempat foto oleh kalangan anak muda maupun oleh pasangan yang berfoto prewedding.

Waktu terbaik adalah ketika sore menjelang petang, karena di sini kamu bisa melihat pemandangan matahari terbenam dengan sangat indah. Kamu juga bisa menikmati sensasi atau melihat pemandangan pesawat terbang yang terbang rendah di sini.

5. Hutan Pinus Dlingo
Hutan Pinus Dlingo adalah sebuah hutan pinus yang lokasinya ada di Dlingo, Bantul, Jogjakarta. Cukup jauh dari pusat kota jika dibandingkan dengan Hutan Pinus Imogiri. Namun jauhnya perjalanan akan terbayarkan dengan pemandangan khas dari Hutan Pinus Dlingo ini.

Spot Foto Di Jogja terbaik dari hutan pinus ini adalah pada daerah amphiteater yang ada di dalam hutan pinus. Amphiteater itu unik karena terbuat dari kayu-kayu yang disejajarkan dari bawah hingga ke atas. Panggung yang ada di bawahnya juga bagus, cocok untuk beburu foto.

Lokasi ini cocok untuk dijadikan tempat menggelar acara yang bertema alam. Jika kamu mencari lokasi untuk sebuah acara, mampir saja ke hutan pinus ini. Suasana yang dingin dan sejuk juga akan kamu dapatkan di sini.

6. Hutan Pinus Imogiri
Tidak jauh dari kota pusat Jogja, ada hutan pinus yang sudah sangat terkenal. Namanya Hutan Pinus Imogiri. Di sana kamu bisa berburu foto ala-ala film Twilight.

Hampir setiap wisatawan yang berkunjung ke Jogja pasti akan mengunjungi hutan pinus ini. Kamu dan teman-teman juga bisa singgah ke sana. Kabarnya, untuk masuk ke Hutan Pinus Imogiri kamu tidak perlu mengeluarkan biaya masuk alias gratis. Tentu para backpacker akan merasa diuntungkan dengan hal tersebut.

Pemandangan yang akan kamu dapatkan adalah pemandangan khas hutan pinus dengan pepohonan pinus yang tinggi. Kamu juga bisa mengunjungi objek wisata lain yang ada di sekitaran hutan pinus ini untuk mencari pengalaman wisata yang lain.

7. Pantai Goa Cemara
Seperti namanya, Pantai Goa Cemara adalah sebuah pantai yang memiliki banyak pohon cemara. Lokasinya berada di daerah Bantul, Jogjakarta. Untuk menuju ke sana, kendaraan pribadi lebih disarankan.

Kamu bisa berkunjung ke sana untuk berburu foto terbaik. Ada banyak spot yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto dengan hasil terbaik.

Pantai ini juga sudah sering dijadikan lokasi prewedding. Spot foto terbaik adalah pada sebuah lokasi dimana ada lorong yang terbentuk dari jajaran cemara dari dua arah. Bentuknya seperti goa. Mungkin dari sanalah asal mula nama Pantai Goa Cemara.

8. Candi Abang
Ingat serial televisi Teletubies? Jika ingat, maka Candi Abang ini akan semakin membuatmu ingin pergi ke sana. Pasalnya, di sana ada sebuah spot yang sangat mirip dengan bukit-bukit di serial Teletubies.

Ada sebuah gundukan yang ditumbuhi rerumputan hijau yang bisa kamu jadikan objek foto kekinian. Selain itu, candi yang ada pun juga bisa dieksplor lenih lanjut.

Lokasinya ada di daerah Sleman. Banyak wisatawan yang mulai mengetahui tempat ini dan datang ke sana hanya untuk menikmati pemandangan yang lapang. Anak muda asli Jogja pun banyak yang datang ke sana untuk sekadar melepaskan penat.

9. Goa Jomblang
Tertarik dengan wisata goa atau suka caving? Mungkin ini adalah sebuah spot yang cocok untuk kamu. Goa ini berada di kawasan Gunung Kidul. Namanya sudah cukup terkenal.

Untuk kamu yang ingin beruru foto, ada sebuah spot di dalam goa yang benar-benar keren. Goa ini memiliki sebuah lubang di bagian atasnya yang memungkinkan sinar matahari bisa menerobos masuk ke bawah.

Dari sinar matahari itu akan muncul sebuah pemandangan eksotis bak cahaya surgawi. Bahkan dari lubang itu, banyak pegiat caving yang mempergunakannya sebagai jalan masuk menuju goa dengan bantuan tali-tali. Tertarik mencoba?

10. Kalikuning dan Kaliurang
Kalikuning dan Kaliurang adalah nama sungai. Sungainya sangat jernih dan cocok untuk berburu foto keren. Spot foto terbaik dari lokasi ini adalah sebuah jembatan dan juga ladang alang-alang.

Kamu akan terlihat seperti berada di luar negeri. Untuk menuju ke sana, kamu perlu melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Untuk naik kendaraan umum, perjalanan bisa dimulai dari Terminal Prambanan lalu dilanjutkan dengan naik minibus jurusan Kaliurang. Berhentilah di Desa Doyo. Nanti akan ada angkutan desa yang mengantarmu ke lokasi.

11. Puncak Kosakora
Jika kamu mencari sebuah pemandangan seperti di Bali, kamu bisa menuju Puncak Kosakora. Pemandangan di sana mirip dengan pemandangan di pulau dewata, dimana kamu bisa melihat lautan lepas dari atas sebuah bukit.

Lokasinya ada di daerah Gunung Kidul. Untuk masuk ke sana kamu tidak perlu membayar mahal. Cukup Rp 2.000 saja. Dengan harga semurah itu, pemandangan yang didapatkan tentu lebih dari ekspektasi yang ada sebelumnya.

Waktu terbaik adalah ketika sore hari menjelang senja. Namun jika didatangi pada siang hari pun, pemandangan yang akan didapatkan juga tidak kalah indahnya. Siapkan kamera terbaikmu untuk hunting foto di bukit ini.

12. Kalibiru
Jogja tidak pernah kehabisan spot foto untuk orang-orang yang berburu pemandangan matahari terbenam. Kalibiru ini juga salah satu spot foto keren untuk kamu yang suka dengan senja atau sunset.

Di sana ada sebuah spot balkon pohon dari kayu yang bisa diduduki untuk berfoto sambil menghadap ke arah datangnya sinar matahari sore. Lokasinya ada di daerah Kulon Progo.

Di sana ada juga spot uji adrenalin seperti flying fox dan juga climbing. Kamu yang suka dengan kegiatan outbond atau kegiatan outdoor lainnya bisa berkunjung ke sana dan menikmati beberapa wahana yang ada.

13. Bukit Becici
Bukit Becici terletak di Bantul, Jogjakarta. Untuk menuju ke sana kamu perlu berjalan kaki alias treking untuk menyusuri hutan pinus terlebih dahulu. Namun jangan cemas karena jalur treking menuju Bukit Becici sudah cukup baik.

Di sana kamu bisa menikmati pemandangan dari Gunung Merapi dan Gunung Sindoro dari satu tempat. Tentu pegunungan yang ada akan membuat hasil fotomu menjadi hasil foto terbaik.

Waktu terbaik adalah menjelang petang karena matahari terbenam yang akan kamu dapatkan akan terlihat eksklusif karena telah bersatu dengan siluet Gunung Merapi dan Sindoro yang terlihat sangat gagah. Biaya masuk juga sangat murah, hanya Rp 3.000 saja.

14. Bukit Lintang Sewu
Berada di kawsan Dlingo, Bantul, Jogjakarta, Bukit Lintang Sewu merupakan sebuah bukit yang cocok untuk mencari foto terbaik dari ketinggian. Spot foto ini cocok dikunjungi sejak sore hingga malam hari. Sunset yang keren bisa kamu dapatkan di sini.

Ketika malam hari, kamu bisa melihat ladang berlian alias lampu-lampu kota dari ketinggian. Jika kamu mencari spot untuk mengabadikan lampu-lampu kota Jogja dari ketinggian, di sinilah spot yang bisa kamu datangi dengan teman atau saudara.

Namun, kamu perlu mempersiapkan semua kamera dan juga baju hangat agar kegiatanmu di Bukit Lintang Sewu ini tidak terganggu. Karena berada di ketinggian, tentu saja lokasi ini memiliki suhu yang dingin di malam hari.

15. Bukit Mojo
Bukit Mojo adalah sebuah kawasan wisata di daerah Mangunan. Kawasan wisata ini memang surganya spot foto. Di sana ada banyak sekali spot foto yang bisa dipergunakan untuk mencari foto kekinian. Kamu tidak akan menyesal jika datang ke sana.

Ada spot foto yang berbentuk seperti sarang burung, ada yang berbentuk hati, bunga matahari, dan ada juga yang berupa spot foto seperti balkon rumah serta ada pula bentukan yang menyerupai perahu yang terbuat dari kayu. Kamu bisa berburu foto mulai pukul 5 pagi hingga 6 petang.

Itulah beberapa rekomendasi spot foto di Jogja. Jika kamu ingin mengunjungi Jogja, pastikan semua rencana liburanmu sudah tertata dengan sangat baik. Karena di Jogja terlalu banyak tempat wisata yang perlu dikunjungi. Oleh karena itu kamu wajib mempersiapkan rencana dengan sangat matang. Selamat berlibur dan semoga bermanfaat.

Sekian artikel dari kami. Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Pages